Kamis, 21 Maret 2019

Entity Relationship Diagram (ERD)

A. Pengertian dan Struktur ERD 
Entity  Relationship Diagram (ERD) adalah  suatu  penyajian  data  dengan  menggunakan Entity dan  Relationship.
ERD memiliki beberapa struktur antara lain :
1.      Entity/Entitas
Entitas adalah obyek yang dapat dibedakan dalam dunia nyata. contoh entitas seperti dokter, obat, dan pasien.
2.      Atribut
Atribut adalah karakteristik dari entity atau relationship, yang menyediakan penjelasan detail tentang entity atau relationship tersebut.
Jenis-jenis atribut :
a.       Atribut Key : Atribut yang digunakan untuk menentukan suatu entity secara unik.
Atribut key dibagi menjadi beberapa jenis :
1)      Super Key : digunakan untuk mengidentifikasikan entitas/obyek secara unik.
2)      Primary key : Digunakan sebagai kunci identitas tabel secara unik dan tidak boleh bernilai NULL
3)      Foreign key : adalah satu atau lebih atribut dalam satu tabel yang merupakan primary key tabel lain (kunci penghubung).
4)      Candidate Key : adalah satu atau beberapa atribut pada sebuah yang memiliki nilai unik yang salah satunya nanti dapat dipilih menjadi primary key dari tabel tersebut. 
5)      Alternate Key : adalah candidate key yang tidak terpilih atau tidak digunakan menjadi primary key. Key ini sebenarnya memiliki fungsi yang sama dengan primary key yaitu berjenis unique key. Mungkin saja primary key yang kita buat pada suatu tabel merupakan autonumber (angka yang bertambah terus-menerus ketika proses insert data, sehingga tidak dimungkinkan terdapat nilai yang sama), dikarenakan tidak diperbolehkan ada dua primary key maka dapat dibantu oleh alternate key ini sebagai penanda unique-nya antara sebuah record dengan record lain.
b.      Atribut simple : Atribut yang bernilai tunggal.
c.       Atribut Multivalue : Atribut yang memiliki sekelompok nilai untuk setiap instan entity. Seperti gelar dan hobby.
d.      Atribut Composite : Artibut yang terdiri dari beberapa atributyang lebih kecil yang mempunyai arti tertentu. Seperti nama depan, nama tengah, dan nama belakang.
e.       Atribut Derivatif : Atribut yang dihasilkan dari atribut yang lain.
    3. Relationship
        Relationship adalah hubungan yang terjadi antara satu atau lebih entity.
        Derajat dari relationship antara lain :
 1)      Unary Degree (Derajat satu)
 2)      Binary Degree (Derajat Dua)
 3)      Ternary Degree (Derajat tiga)
B. Contoh Kasus
Suatu klinik memiliki praktek Dokter bersama sehingga dalam klinik tersebut memiliki banyak Dokter. Seorang pasien, apabila akan berobat harus diperiksa oleh dokter dan sebaliknya Dokter harus memeriksa pun harus memeriksa pasien. Pasien yang berobat pada klinik tersebut lebih dari seorang. Setiap diperiksa pasien biasanya menerima resep berupa obat dan biasanya setiap pasien menerima beberapa jenis obat. Informasi tentang pasien adalah nomor pasien, nama pasien dan alamat. Informasi tentang obat adalah kode obat, nama obat, dan dosis.
C. Contoh ERD
D. Penjelasan ERD
Kasus ini memiliki 3 Entitas yaitu Dokter, pasien dan obat. Dokter memilik 3 atribut, yaitu id dokter sebagai primary key, nama dan alamat sebagai atribut biasa. Sedangkan pasien memiliki 4 atribut terdiri dari 1 primary key yaitu no.pasien dan 3 atribut biasa yaitu nama, alamat, dan jenis kelamin. Kemudian obat memiliki 5 atribut terdiri dari kode obat sebagai primary key, no.pasien sebagai foreign key,  dan dosis, jenis obat dan merk sebagai atribut biasa.
Dokter dan pesien memiliki relationship periksa. Maksudnya adalah dokter memeriksa pasien dan sebaliknya pasien diperiksa oleh dokter. Dokter dan pasien memiliki cardinalitas Many to Many karena diklinik tersebut memiliki banyak Dokter dan banyak pasien. Dikarenakan cardinalitas nya many to many maka dihasilkan dua atribut baru yaitu primary key dari dari kedua entitas dan diletakan di relationship periksa.
Pasien dan obat memliki relationship terima. Maksudnya adalah pasien menerima obat dan sebaliknya obat diterima pasien. Pasien dan obat memiliki cardinalitas 1 to many karena satu pasien menerima beberapa obat.

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Featured

About Us

We present Woop a creative magazine templates for bloggers who love to blog on food, fashion, travel and for personal blog.

Popular Posts

Featured