Jumat, 05 Juli 2019

REMASTERING UBUNTU

A. VMWare
VMware adalah teknologi buatan Dell yang menyediakan platform perangkat lunak (software) untuk melakukan virtualisasi. Tidak hanya software untuk membuat mesin virtual saja, tetapi juga memberikan layanan pendukungnya. Nama VMware diambil dari cabang milik Dell yaitu VMware, inc. Manfaat dalam menggunakan VMware adalah memberikan pengalaman bagi para pengguna untuk merasakan versi virtual dari hardware meskipun tanpa bentuk fisiknya atau lebih sederhana adalah pengguna bisa membuat versi virtual dari komputer didalam komputer lain dan menjalankan lebih dari satu sistem operasi pada sebuah komputer yang sama. Untuk pemakaian pada komputer server, VMware biasanya dipakai untuk mengoptimalkan penggunaan hardware pada server tersebut, yaitu dengan membagi sebuah server fisik menjadi lebih dari satu server virtual yang memilih fungsi dan kegunaan masing - masing. Sedangkan untuk pengguna komputer desktop, VMware biasanya digunakan untuk menjalankan lebih dari satu sistem operasi dalam sebuah komputer yang sama. Contohnya adalah memasang sistem operasi Linux secara virtual pada sebuah komputer yang memakai sistem operasi Windows.

B. Linux Ubuntu
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Nama ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusiaan terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung didalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

C.  Jenis Linux Ubuntu 
Terdapat beberapa jenis atau macam dari Linux Ubuntu, yaitu sebagai berikut. 
1.   Edubuntu
Edubuntu adalah distro Linux yang dirancang untuk dipergunakan dalam sekolah/ruang kelas. Edubuntu merupakan singkatan dari akronim bahasa Inggris education Ubuntu, yang terjemahan bebasnya adalah “pendidikan untuk semua orang”. Edubuntu merupakan varian dari Ubuntu yang lebih dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi server-workstation. Edubuntu menggunakan aplikasi thin client LTSP, terminal komputer tanpa disk. Desktop Edubuntu sendiri masih menggunakan GNOME dan GDM sebagai display manager-nya. Aplikasi yang disertakan sendiri merupakan gabungan dari aplikasi - aplikasi GNOME dan KDE, namun diutamakan aplikasi-aplikasi pendidikan untuk anak umur 6 sampai 18 tahun.
      2.  Gobuntu
Gobuntu merupakan turunan resmi dari sistem operasi Ubuntu yang dikandung untuk memberikan distribusi yang terdiri sepenuhnya dari perangkat lunak bebas. Karena Ubuntu sekarang menggabungkan “perangkat lunak bebas hanya” pilihan installer, proyek Gobuntu itu dianggap berlebihan pada awal 2008. Akibatnya Canonical membuat keputusan resmi untuk mengakhiri proyek Gobuntu dengan versi 8.04.
     3.  Kubuntu
Kubuntu merupakan varian resmi dari Ubuntu yang menggunakan KDE sebagai lingkungan desktopnya, berbeda dengan Ubuntu yang menggunakan Gnome dan Xubuntu yang menggunakan Xfce sebagai lingkungan desktopnya. Kubuntu didistribusikan secara gratis dan bisa didapatkan secara cuma - cuma, baik melalui media unduh atau ShipIt. Kubuntu berasal dari bahasa hema yang berarti “Untuk kemanusiaan”.
     4.  Lubuntu
Lubuntu adalah sebuah proyek yang dimaksudkan untuk menghasilkan suatu turunan resmi dari sistem operasi Ubuntu yang “lebih ringan, lebih sedikit menggunakan sumber daya dan efisien energi” yang menggunakan lingkungan desktop LXDE. Desktop LXDE menggunakan window manager Openbox dan dimaksudkan untuk menjadi sistem yang rendah persyaratan, menggunakan RAM sedikit untuk netbook, mobile devices dan PC (komputer) tua. Dalam tugas ini Lubuntu akan bersaing dengan Xubuntu. Nama Lubuntu adalah kombinasi dari LXDE dan Ubuntu. LXDE adalah singkatan dari Lightweight X11 Desktop Environment, sedang Ubuntu berarti “perikemanusian terhadap sesama manusia” dalam bahasa Zulu dan bahasa Xhosa.
     5.   Xubuntu
Xubuntu adalah sebuah distribusi Linux dan varian remsi yang berbasiskan Ubuntu yang menggunakan lingkungan desktop Xfce. Xubuntu ditujukan untuk pengguna yang menggunakan komputer dengan kinerja rendah atau mereka yang mencari lingkungan meja yang lebih efisien pada komputer dengan kinerja tinggi. Xubuntu dirilis setahun dua kali, mengikuti pola rilis Ubuntu. Xubuntu menggunakan nomor versi dan nama kode yang sama dengan Ubuntu, memakai tahun dan bulan rilis sebagai nomor versi.
      6.  Ubuntu JeOS
JeOS adalah singkatan untuk Sistem Operasi Just Enough yang berlaku untuk alat perangkat lunak. JeOS mengacu pada sebuah sistem operasi khusus yang sesuai dengan kebutuhan aplikasi tertentu. Ini bukan generik, satu ukuran cocok untuk semua sistem operasi sehingga hanya perlu menyertakan potongan- potongan dari suatu sistem operasi (misalnya, kernel) yang diperlukan untuk mendukung aplikasi tertentu dan komponen pihak ketiga lain yang terkandung dalam alat. Hal ini membuat alat yang lebih kecil, dan mungkin lebih aman daripada aplikasi yang berjalan dibawah penuh tujuan umum OS.
     7.  Ubuntu mobile
Ubuntu Mobile Internet Device Edition adalah distribusi Ubuntu yang rencananya beroperasi di platform Intel Mobile Internet Device, komputer bergerak x86 yang diperkuat prosesor Intel Atom. Ubuntu Mobile rencananya memakai kerangka kerja GNOME, Hildon, sebagai dasar GUI-nya. Para produsen perangkat dapat menyesuaikan (kustomisasi) distribusi mereka, termasuk fitur-fitur seperti Flash, Java, atau antarmuka kustom. Ubuntu Mobile berhenti dikembangkan pada tahun 2009 dan penggantinya,Ubuntu for phones, diluncurkan pada tanggal 2 Januari 2013.
      8.   Ubuntu TV
Ubuntu TV adalah sistem operasi smart TV yang dikembangkan oleh Canonical, berdasarkan pada sistem operasi Ubuntu dan menggunakan user interface Unity Hal ini dirancang untuk TV ruang tamu dengan menggunakan remote control. Ubuntu TV adalah varian dari distribusi Linux Ubuntu yang dirancang khusus untuk embedded system diintegrasikan ke televisi. Hal itu disampaikan oleh Canonical di CES 2012 dengan slogan “TV bagi manusia”. Ubuntu TV ditunjukkan di Mobile World Congress 2012. Ubuntu untuk Android akan menggunakan Ubuntu antarmuka TV ketika  terhubung  ke  TV. Ubuntu TV akan didasarkan pada Ubuntu 12.04, kemampuan untuk merekam dan memutar video, DVD-Video dan dukungan Blu-ray Disc, sentuhan siap-interface kemampuan untuk mengintegrasikan semua sistem penyiaran terestrial standar dan layanan juga satelit dan kabel, kemampuan untuk streaming musik, foto dan video dari PC ke TV dan aplikasi yang dirancang khusus untuk Ubuntu TV.

B.  Kelebihan dan Kekurangan Linux Ubuntu
Adapun kelebihan dan kekurangan dari Linux Ubuntu yaitu sebagai berikut.
       a.  Kelebihan Linux Ubuntu
1.      Open source
Linux Ubuntu merupakan sistem operasi yang berdiri diatas lisensi terbuka atau open source. Hal ini berarti sistem operasi ini bebas digunakan bagi siapa saja, dan tidak perlu membeli lisensi layaknya pada sistem operasi Windows. Selain itu, setiap orang juga bebas berkontribusi untuk mengembangkan sistem operasi ini agar menjadi lebih baik ke depannya.
2.      Lebih “kebal” virus 
sLinux memiliki keamanan dari virus yang relati lebih baik. Tentu hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa sistem operasi Linux tidak bisa terkena virus, namun resiko terkena virus dibilang sangat kecil karena sistem operasi Linux berjalan dengan memperketat keamanan, misalnya mengharuskan pengguna menjadi administrator untuk menjalankan program tertentu, mengeksekusi kode tertentu dan berbagai macam hal lainnya. 
3.  Aplikasi bawaan relatif lengkap 
Sistem operasi Linux Ubuntu pada umumnya akan memberikan bundle aplikasi yang cukup lengkap setelah di-install. Bahkan apabila pengguna menginginkan sistem operasi dengan tujuan khusus seperti untuk penetration testing, aplikasi yang diperlukan bisa jadi telah di-install sejak awal sehingga pengguna tidak pelu mempersiapkan aplikasi tambahan lagi. Selain itu, aplikasi sehari - hari seperti aplikasi kantor atau office, multimedia, pengarsipan dan berbagai hal lainnya sudah tersedia dengan relatif lengkap.
 4. Software center yang relatif mumpuni 
Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Linux Ubuntu adalah adanya software center yang relatif mumpuni. Software center ini membuat pengguna dapat menginstall aplikasi dengan mudah dan cepat, layaknya situs download aplikasi khusus Linux.
       
       b.  Kekurangan Linux Ubuntu
1.  Tampilan menuntut adaptasi
Bagi pengguna baru, dibutuhkan tahap adaptasi untuk beradaptasi dengan tampilan antarmuka yang diberikan. Tidak hanya itu, pengguna juga harus mempelajari terlebih dahulu mengenai terminal, root, dan berbagai masalah lainnya yang mungkin belum pernah terpikirkan ketika menggunakan sistem operasi yang lainnya seperti Windows.
2.  Aplikasi relatif sedikit apabila dibandingkan dengan sistem operasi lain Salah satu kelemahannya adalah aplikasi yang relatif kurang apabila
dibandingka dengan sistem operasi lan yang mungkin telah dicoba seperti misalnya sistem operasi Windows. Hal ini disebabkan karena pengembangan aplikasi yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit sehingga pengemabng biasanya cenderung berfokus pada salah satu jenis aplikasi pada salah satu sistem operasi saja. 

Langkah - langkah remastering sebagai berikut
Menambahkan Software atau Aplikasi
Proses untuk menambahkan software atau aplikasi dapat dilakukan dengan menggunakan Ubuntu Software Center ataupun juga melalui terminal. Namun ada beberapa aplikasi yang tidak ditemukan pada Ubuntu Software Center sehingga mengharuskan melakukan penginsalan melalui terminal. 
Pada remastering Linux dengan distro Ubuntu ini dilakukan penginstalan beberapa software yang berhubungan dengan multimedia. Adapun pemaparan cara penginstalan sebagai berikut.
1. Tweak Tool
Unity Tweak Tool didesain untuk Desktop Unity. Unity mengkostumisasi tampilan mulai dari icon, tema, font, launcher, panel, dll. 
Cara untuk menginstalnya yaitu melalui terminal dengan mengetikkan perintah :
Sudo apt- get install gnome-tweak-tool
 
Kemudian masuk pada browser lalu masuk pada halaman https://extensions.gnome.org. Pada kolom search, ketikkan “Dash to dock” lalu klik pada pilihan yang menunjukkan dash to dock. Setelah masuk, klik pada bagian paling atas dimana terdapat opsi “Click here to install browser extensions” dimana pilihan tersebut berwarna dan bergaris bawah biru. 
Selanjutnya akan muncul notifikasi firefox prevented, terdapat duapilihan yaitu  
Don’t allow dan allow. Maka pilih allow untuk melanjutkan download
Pilih “add” pada tampilan add gnome shell integration.
Sesudah melakukan add, maka muncul kembali tampilan untuk memproses download                        Klik install untuk menyetujui penginstalan dash to dock 
Adapun untuk mengubah posisi dan layar icon pada desktop dengan cara masuk pada aplikasi tweak yang sebelumnya sudah di download, lalu pilih extensions dan masuk pada pengaturan dash to dock yang berada pada bagian kanan 
Masuk pada opsi position and size dan lakukan pengaturan untuk position on screen. Pada kali ini dipilih pada bagian bottom atau bawah, dimana posisi kumpulan ikon akan berada dibawah yang sebelumnya berada diposisi kiri. Lakukan juga pengaturan ukuran ikon dengan memilih ukuran yang diinginkan pada icon size limit. Sebagai contoh ukuran yang dipilih yaitu 48, ukuran yang sedang untuk icon pada tampilan desktop.

2. Blender
Software Blender berguna untuk membuat film animasi, efek visual, model cetak 3D, aplikasi 3D interaktif dan permainan video. Aplikasi Blender ini memiliki beberapa fitur termasuk pemodelan 3D, penteksturan, penyunting gambar bitmap, penulangan, simulasi cairan dan asap, simulasi partikel, animasi, penyunting video, pemahat digital serta rendering.Cara penginstalan dengan mengetikkan perintah : 
Sudo apt-get install blender

3.      Inkscape
Inkscape dapat membuat bentuk vektor primitif (misalnya persegi panjang, poligon, spiral, busur, elips, bintang dan kotak 3D) dan teks. Objek-objek ini dapat diisi dengan warna solid, pola gradien warna radial atau linier dan batas-batasnya dapat diatur dan diedit sesuai selera sang pemakai. Penyematan dan pelacakan opsional grafis raster juga didukung, memungkinkan pemakai untuk membuat grafik vektor dari foto dan sumber raster lainnya. Perintah yang diketikkan yaitu :
Sudo apt-get install inkscape
4. Audacity
Audacity yaitu aplikasi yang yang digunakan untuk mengolah suara atau editing dalam berhubungan suara. Perintah yang digunakan yaitu :
Sudo apt-get install audacity
5.      Wps office 
Wps office juga merupakan aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows yang memiliki kegunaan sebagai pengolah kata atau yang pembuat dokumen.
Perintahnya yaitu :  
Sudo apt-get install snapd Sudo snap install wps-office  Tunggu hingga download selesai.

 

Mengganti Background
Mengganti background yang digunakan pada desktop tidaklah berbeda dengan sistem operasi Windows. Cara yang dilakukan yaitu dengan klik kanan pada pada desktop lalu pilih opsi “Change Background
Mengganti Tema
Untuk mengganti tema terlebih dahulu dapat didownload pada situs gnome.look dengan format  zip atau rar dan bisa langsung melalui terminal. Pada remastering ini akan diganti tema menjadi numix. Perintah yang digunakan yaitu : 
Sudo add-apt-repository ppa:numix
Me-remastering (Mem-backup file menjadi iso)         
Me-remastering atau melakukan backup file menjadi iso dapat dilakukan dengan banyak aplikasi seperti remastersys atau pinguy build. Namun dengan Linux Ubuntu versi 18.04 hanya dapat didukung dengan pinguy build. 
Cara yang dilakukan terlebih dahulu yaitu dengan mendownload pinguy build dan sesuaikan dengan versi Linux yang digunakan. Dikarenakan Linux Ubuntu yang digunakan adalah versi 18.04 maka pinguy build yang dipakai yaitu versi 5.1-8 dengan format deb. Hal inilah yang menyebabkan diharuskan mendownload gdebi karena Linux banyak menggunakan format deb. Untuk menjalakan file pinguy build yang masih dalam format .deb dapat melalui ubuntu software atau terminal. Pada remastering ini, pinguy build dijalankan melalui ubuntu software sehingga langsung terinstal. 
Langkah pertama yaitu buka pinguy build kemudian masukkan password yang digunakan untuk masuk pada akun Linux  

Lakukan setting pada menu - menu sebagai berikut :
1.     Menu “Boot menu picture for the live cd (640 x 480 PNG) 
Menu ini digunakan untuk tampilan saat pertama kali booting melalui Live CD hasil remastering. Pilih gambar dengan format PNG 
2.     Menu “Boot menu picture for the installed environtment” Menu ini digunakan untuk tampilan pada halaman login.
3.      Menu “User, whose current settings will be used as default” 
Menu yang digunakan saat Live CD akan menggunakan username dan password dengan memilih pilihan user default. 
4.      Menu “Plymouth theme” 
Menu yang akan ditampilkan saat tampilan login atau saat sudah diinstal pada PC/Virtual box. Pilih yang sudah tersedia atau create jika ingin membuat yang baru. Sesudah itu pindah pada “Settings” yang akan mengatur penamaan file isonya, letaknya dan lain - lain.
Lakukan pengaturan untuk nama filenya dan folder yang akan menyimpan. Setelah selesai kembali pada “Actions” dan pilih menu “Backup”.
 

0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Featured

About Us

We present Woop a creative magazine templates for bloggers who love to blog on food, fashion, travel and for personal blog.

Popular Posts

Featured