Jumat, 05 Juli 2019

GUI Linux


A. Pengertian GUI (Graphic User Interface)

    Graphic User Interface adalah suatu sistem yang membuat para pengguna atau user dapat  berinteraksi dengan suatu perangkat komputer yang digunakan oleh pegguna tersebut. Graphic User Interface dapat dikendalikan menggunakan beberapa macam alat input, seperti mouse, keyboard, touchscreen, dan lain-lain. Pada umumnya sistem operasi GUI terdapat jendela, menu, tombol, ikon, dan lain-lain yang didesain supaya penggunanya lebih mudah, nyaman, dalam berinteraksi dengan sistem operasi atau aplikasi. Dalam penerapannya GUI lebih banyak digunakan untuk kebutuhan pengguna umum, karena tujuannya lebih keUser Friendly 
    Graphic User Interface ini dibuat untuk memudahkan pegguna berinteraksi dengan perangkat komputernya, jadi pengguna tidak perlu mengetik teks perintah yang ingin dijalankan, akan tetapi pengguna hanya perlu mengeklik gambar atau ikon yang sudah dibuat oleh suatu software tersebut, karena Graphic User Interface ini telah mengkonversi perintah tersebut menjadi ikon didalam layar komputer yang dapat diklik untuk menjalankan fungsinya. Sebagai contoh apabila kita ingin menjalankan software pengolah angka seperti Excel, kita hanya perlu mengeklik ikon yang berbentuk kertas dengan huruf X diatasnya. Dan masih banyak lagi contoh lainnya, jadi segala sesuatu yang anda lihat dikomputer anda saat ini adalah Graphic User Interface.

B.  Sejarah GUI (Graphic User Interface)

     Pada awal diciptakannya komputer, komputer pertama kali yang diciptakan seperti MARK 1 , ENIVAC diperintahkan dengan cara mengetik pada layar computer menggunakan keyboard. Hal ini berlaku untuk semua program ataupun perintah perintah tertentu yang berhubungan dengan sistem informasi. Hal ini tentu saja tidak praktis dan kurang canggih. Selain itu hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mengoperasikannya. Oleh karena itu para ahli terdorong untuk dapat menciptakan sesuatu yang dapat digunakan oleh kebanyakan orang dengan cara yang praktis dan mudah diingat. 
     Akhirnya lahirlah Graphic User Interface yang menampilkan semua menu, ikon, alat penunjuk lainnya yang menggantikan perintah ketik di shell. Hal ini membuat pengguna komputer menjadi lebih mudah untuk mengoperasikan sebuah perangkat daripada mengingat perintah yang menggunakan teks pada sebuah kotak komando tertentu. Hal ini dikarenakan bahwa manusia lebih mudah mengingat gambar dibandingkan tulisan. Graphic User Interface pertama kali digunakan pada operation sytem yang diproduksi oleh Steve Jobs yakni Machintosh. Beberapa tahun setelahnya sistem operasi lain mengikutinya, seperti Microsoft dengan GUI Windows-nya. Tapi di zaman sekarang Mac OS lah yang disebut-sebut sebagai OS yang ber GUI terbaik. Padahal mayoritas dari mereka menggunakan Windows . Bahkan pengguna Mac juga tidak sedikit yang menginstal Windows di dalam Macintoshnya Pada perkembangannya, penggunaan Graphical User Interface banyak juga diterapkan pada beberapa jenis usaha yang spesifik, Sebagai contoh yaitu ATM dan sebagainya.

C. GUI Linux

Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak desain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi dektop


0 Comments:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Facebook

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Random Posts

Recent Comments

Recent Posts

Newsletter

Subscribe Our Newsletter

Enter your email address below to subscribe to our newsletter.

Featured

About Us

We present Woop a creative magazine templates for bloggers who love to blog on food, fashion, travel and for personal blog.

Popular Posts

Featured